Kamis, 15 November 2012

Bahtera Nuh

Pada saat itu, manusia bertambah banyak dan banyak. Mereka semua bertambah dan menjadi jahat. Kejahatan terjadi dimana mana. TUHAN memutuskan untuk membuat air bah (banjir besar besaran). 

Tetapi TUHAN sangat mengasihi seorang pria. Ia sangat tampan dan ia menuruti semua perintah TUHAN. Namanya adalah Nuh. Karena TUHAN mengasihi Nuh, TUHAN tidak ingin Nuh untuk ikut mati bersama manusia-manusia yang lainnya. TUHAN ingin Nuh, keluarganya, dan hewan-hewan yang lainnya untuk selamat.

TUHAN berfirman kepada Nuh, IA menyuruh Nuh untuk membuat bahtera yang sangat besar. Bahtera itu terbuat dari kayu dan panjang nya 300 hasta, 50 hasta lebarnya, 30 hasta tingginya. Tanpa mengeluh atau yang lain, Nuh membuat bahtera besar itu. Ia, dibantu oleh anak anaknya, membuat bahtera yang sangat besar itu. Nuh membuat bahtera itu diatas gunung.

Setelah bahtera itu selesai dibuat, Nuh berdoa dan bertanya kepada TUHAN, apa yang akan ia lakukan selanjutnya. TUHAN menjawab dan menyuruhnya untuk menunggu sampai hujan turun, dan sebelum hujan turun, Nuh disuruh untuk membuat makanan yang sangat banyak untuk binatang, burung, dan lain lain. Makanan itu harus cukup untuk 40 hari dan 40 malam, karena hujan akan turun selama 40 hari dan 40 malam. Tidak hanya membuat makanan, Nuh juga disuruh untuk memasukkan semua binatang binatang yang ada. TUHAN sempat menyuruh Nuh untuk membuat beberapa orang untuk bertobat.

Nuh datang ke suatu tempat dimana ada banyak orang yang mabuk, berpesta pesta membuat dosa. Ia sempat bilang kepada beberapa orang untuk bertobat karena akan ada air bah yang sangat besar. Tetapi tidak hanya satu orang yang mau untuk bertobat, jadi Nuh kembali ke bahteranya itu.

Setelah Hujan turun, Nuh menutup pintu yang ada di bahtera itu. Saat Nuh menutup pintu itu, tiba tiba sinar keluar dari bawah pintu itu mengikuti garis dari pintu itu. Pintu itu telah tertutup. Saat di bahtera itu, Nuh melihat beberapa orang yang telah membuat dosa berteriak tolong tolong. Tetapi ia sudah tidak bisa berbuat apa apa. Pada saat itu, dunia telah hancur lebur. Tidak ada satu manusia yang hidup kecuali Nuh dan Keluarganya. 

Sebelumnya, TUHAN telah bilang kepada Nuh bahwa, Setelah air bah dan hujan yang 40 hari 40 malam lamanya itu selesai, AKU akan membuat pelangi diatas. Nuh melihat janji TUHAN itu, ada pelangi diatasnya. 

Nuh mendarat di suatu tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar